Apa yang Dimaksud Invasi Normandia?

Apa yang Dimaksud Invasi Normandia?  Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi.matamatapolitik.com
Invasi Normandia adalah penyerangan pasukan Sekutu atas Normandia yang terjadi pada 6 Juni 1944. Di bawah pimpinan Jenderal Dwight D. Eisenhower dari AS dan Jenderal Bernard L. Montgomery dari Inggris, pasukan Sekutu mendarat di pantai Normandia, Prancis, antara Cherbourg dan Le Havre. Tujuan kedatangan mereka untuk menyerang pasukan Jerman yang bercokol di sana.

Invasi pasukan Sekutu yang disebut Invasi Normandia itu adalah operasi pendaratan yang merupakan invasi laut terbesar dalam sejarah, dengan hampir tiga juta tentara menyeberangi Selat Inggris, dari Inggris ke Prancis yang diduduki oleh tentara Nazi Jerman.

Sekitar 6.900 kendaraan laut, termasuk 4.100 kendaraan pendarat, digunakan untuk invasi tersebut, dipimpin oleh Admiral Bertram Ramsay. Kemudian 12.000 pesawat terbang, termasuk 1.000 pesawat pembawa penerjun payung, bersiap di bawah Marsekal Udara Trafford Leigh-Mallory.

Sebanyak 10.000 ton bom juga telah siap dijatuhkan ke pertahanan Jerman, dan pesawat-pesawat pembawa bom tersebut akan melakukan 14.000 misi serangan.

Pada pagi hari itu, pasukan Sekutu menyerang pasukan Jerman, dari darat, laut, dan udara, dan pertempuran untuk menguasai Normandia itu berlangsung hingga lebih dari dua bulan. Selain merebut Normandia, pasukan Sekutu juga menembus garis pertahanan Jerman, dan terus menyebar ke daerah lain. Invasi itu berakhir dengan dibebaskannya Paris, dan jatuhnya kota Falaise pada akhir Agustus 1944.

Penyerbuan besar-besaran ke daratan Eropa itu membuat pertahanan Jerman di sana hancur berantakan, sehingga satu tahun kemudian perang di Eropa pun berakhir. Hari penyerangan itu sekarang dikenang oleh sejarah sebagai “D-Day”.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 6277821936732115642

Posting Komentar

  1. apa pengaruh invansi normandia di bahsa inggis?

    BalasHapus
  2. iNVASI Normandia membuktikan bahwa Jerman akan disingkirkan dari notmandia

    BalasHapus
  3. Invasi Normandia mempercepat kekalahan Jerman pada perang dunia kedua

    BalasHapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item