Kapan Uji Coba Bom Atom Pertama AS?

Kapan Uji Coba Bom Atom Pertama AS?  Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/tribunnews.com
Amerika Serikat mengadakan uji coba bom atomnya yang pertama pada 16 Juli 1945.

Teori mengenai kekuatan luar biasa dari senjata atom pertama kali dikemukakan oleh tiga ilmuwan Jerman—Otto Hahn, Lise Meitner, dan Fritz Strassman. Karenanya, Niels Bohr—ilmuwan Denmark yang beremigrasi ke Amerika pada awal Perang Dunia II tahun 1939—merasa yakin Jerman pasti telah memiliki program untuk mengembangkan senjata semacam itu.

Karena pikiran itu, Niels Bohr kemudian menceritakan kekhawatirannya kepada Leó Szilárd, ilmuwan fisika Hungaria yang berkawan dengan Albert Einstein. Leó Szilárd kemudian mendekati Einstein, dan meyakinkannya mengenai bahaya jika Jerman menjadi negara pertama yang berhasil memproduksi senjata atom.

Einstein memahami kekhawatiran itu, dan dia kemudian menulis surat kepada presiden AS, Franklin Delano Roosevelt, dan menjelaskan teori bahwa reaksi rantai nuklir yang tak terkontrol dapat memiliki potensi besar untuk dijadikan senjata pembunuh massal, serta merekomendasikan agar Amerika menjadi negara pertama yang mengembangkan senjata tersebut.

Pada tahun 1940, Roosevelt memutuskan untuk membuat bom itu, dan memberikan proyek tersebut pada Manhattan District dari Korp Teknik Angkatan Darat AS, di bawah komando Jenderal Leslie R. Groves, dan J. Robert Oppenheimer sebagai direktur pengarah bidang ilmiah. Pemerintah Amerika mengucurkan dana sebesar enam ribu dollar untuk membiayainya.

Proyek pembuatan bom atom itu dikenal sebagai Proyek Manhattan, dan merupakan proyek rahasia paling penting sekaligus paling mahal dalam sejarah Amerika. Karena ketika bom itu akhirnya berhasil dibuat lima tahun kemudian, anggaran dananya membengkak hingga dua juta dollar. Proyek Manhattan berlokasi di tempat terpencil di dekat Los Alamos, New Mexico.

Senjata atom pertama, bom uranium-235 yang disebut Trinity, diuji coba pertama kali di Alamogordo, di gurun pasir New Mexico, pada 16 Juli 1945. Setelah itu, dua senjata berikutnya—bom plutonium-235 dan plutonium-239—diledakkan di kota Hiroshima dan Nagasaki yang menyebabkan berakhirnya Perang Dunia II.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 6256043819000349546

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item