Kapan ORI Beredar Pertama kali di Indonesia?

Kapan ORI Beredar Pertama kali di Indonesia? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
ORI, atau Oeang Republik Indonesia, adalah mata uang pertama yang dikeluarkan Indonesia setelah merdeka. Pemerintah memandang perlu untuk memiliki uang sendiri, yang tidak hanya berfungsi sebagai alat pembayaran yang sah tapi juga sebagai lambang utama negara merdeka. ORI beredar pertama kali pada 30 Oktober 1946.

Ketika pertama kali beredar, ORI tampil dalam bentuk uang kertas bernominal satu sen dengan gambar muka keris terhunus dan gambar belakang berisi teks undang-undang. ORI ditandatangani A.A. Maramis, Menteri Keuangan waktu itu.

Bersamaan dengan hari beredarnya ORI, uang Jepang dan uang Javasche Bank dinyatakan tidak berlaku lagi. ORI pertama kali dicetak oleh Percetakan Canisius, dengan desain sederhana dua warna, dan memakai pengaman serat halus.

ORI edisi pertama dilanjutkan dengan uang kertas Seri ORI II yang terbit di Yogyakarta pada 1 Januari 1947, Seri ORI III di Yogyakarta pada 26 Juli 1947, Seri ORI Baru di Yogyakarta pada 17 Agustus 1949, dan Seri Republik Indonesia Serikat (RIS) di Jakarta pada 1 Januari 1950. Presiden Soekarno merupakan tokoh yang paling sering muncul dalam desain uang kertas ORI tersebut.

Hari dikeluarkannya ORI, 30 Oktober, sekarang dijadikan sebagai Hari Keuangan Nasional.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 4379538786326412751

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item