Siapakah Chairil Anwar?

Siapakah Chairil Anwar? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/galeribukujakarta.com
Chairil Anwar adalah penyair terkemuka Indonesia, yang dinobatkan sebagai pelopor Angkatan ‘45 dan puisi modern Indonesia. Ia lahir di Medan, Sumatera Utara, 26 Juli 1922.

Chairil Anwar mulai mengenal sastra sejak pindah ke Jakarta bersama ibunya—tidak lama setelah orangtuanya bercerai. Meskipun sekolahnya di MULO (Meer Uitgebreid Lager Onderwijs) tidak selesai, namun dia menguasai bahasa Inggris, bahasa Belanda, dan bahasa Jerman.

Dia pun banyak membaca karya-karya pengarang internasional ternama, seperti Archibald MacLeish, Edgar du Perron, J. Slaurhoff, Rainer Maria Rilke, dan W.H. Auden. Penulis-penulis tersebut sangat mempengaruhi tulisannya, sehingga akhirnya secara tak langsung juga mempengaruhi tatanan kesusastraan Indonesia.

Nama Chairil Anwar mulai terkenal dalam dunia sastra Indonesia setelah pemuatan tulisannya di Majalah Nisan tahun 1942, ketika dia berusia 20 tahun. Hampir semua puisi yang ditulisnya waktu itu merujuk pada kematian. Selama tujuh tahun berikutnya, Chairil Anwar terus menulis.

Sayangnya, kekuatan puisi-puisinya tidak diimbangi dengan kondisi fisiknya yang makin lama makin lemah akibat gaya hidup yang tergolong kacau. Ia banyak merokok, dan suka menghabiskan waktu di bawah pohon pada malam hari, ketika pohon aktif mengeluarkan karbondioksida. Sebelum usianya genap 27 tahun, dia sudah terkena sejumlah penyakit, hingga akhirnya meninggal dunia.

Chairil Anwar meninggal dalam usia muda, karena penyakit TBC. Dia dimakamkan di Taman Pemakaman Umum Karet Bivak, Jakarta. Masa hidupnya yang singkat itu telah meninggalkan banyak hal bagi perkembangan kesusastraan Indonesia. Para pengagumnya menziarahi makamnya dari zaman ke zaman, dan hari kematiannya diperingati sebagai Hari Chairil Anwar.

Beberapa puisi karya Chairil Anwar yang mengabadi di antaranya adalah “Aku”, “Derai-derai Cemara”, dan “Deru Campur Debu”. Di masa sekarang, karya-karya Chairil Anwar telah diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa asing, di antaranya bahasa Jerman, Inggris, dan Spanyol.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 266626468106029168

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item