Kapan Pakistan Meraih Kemerdekaan?


Pakistan meraih kemerdekaan pada 14 Agustus 1947.

Pada abad ke-8, Islam masuk ke anak benua India dan sebagian Pakistan, sehingga wilayah itu pun dihuni oleh mayoritas muslim. Sepuluh abad kemudian, pada abad ke-18, Inggris masuk ke sana dan menjadikan wilayah itu sebagai daerah jajahannya.

Pada tahun 1906, bersamaan dengan bangkitnya perlawanan rakyat India melawan penjajahan Inggris, terbentuklah Liga Muslim yang dipimpin oleh Mohammad Ali Jinah, yang bertujuan membentuk sebuah pemerintahan yang islami. Secara bertahap, liga tersebut mampu menarik kekuatan kaum muslim, dan akhirnya terbentuklah negara Pakistan yang merdeka dan berdaulat.

Pada mulanya, Pakistan terdiri atas dua wilayah yang terpisah, yaitu di timur dan di barat India. Pada tahun 1971, dilatari ketidakpuasan rakyat Pakistan Selatan atas pemerintahan pusat, Pakistan Selatan kemudian memisahkan diri dan membentuk negara sendiri, yaitu Bangladesh.

Sampai tahun 1970, Pakistan berbentuk pemerintahan militer, lalu berubah bentuk menjadi Republik Islam Pakistan. Memiliki luas wilayah lebih dari 803 ribu kilometer persegi, Pakistan berbatasan dengan India, Iran, Cina, dan Afghanistan. Dengan jumlah penduduk lebih dari 170 juta orang, Pakistan menjadi salah satu negara terpadat di dunia yang memiliki penduduk muslim terbanyak di dunia setelah Indonesia.

Hmm... ada yang mau menambahkan?


Artikel Terkait Sejarah

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar