Kapan Myanmar Meraih Kemerdekaan?


Myanmar meraih kemerdekaan pada 4 Januari 1948. Karena sumber alamnya yang kaya, Myanmar telah menjadi objek rebutan negara-negara Eropa, di antaranya Inggris, Prancis, dan Belanda, sejak abad ke-16. Pada pertengahan abad ke-19, Inggris menguasai Myanmar setelah terjadi dua pertempuran besar dengan rakyat Myanmar. Setelah menduduki Myanmar, Inggris menyatukan negeri itu dengan India.

Ketika Perang Dunia II pecah, Myanmar dikuasai Jepang. Selama pendudukan Jepang tersebut, rakyat Myanmar menyusun kekuatan dengan membentuk gerakan kemerdekaan dalam wujud organisasi Liga Rakyat Merdeka Anti-Fasis (AFPFL). Organisasi itu dipimpin oleh Jenderal Aung San.

Ketika Jepang kalah pada Perang Dunia II, Inggris kembali ke Myanmar. Tetapi setelah melihat organisasi AFPFL telah sangat berpengaruh di tengah rakyat, Inggris pun kemudian sepakat untuk menyerahkan kemerdekaan kepada Myanmar.

Pada waktu pemilu pertama diadakan pada tahun 1948, anggota AFPFL terpilih sebagai mayoritas anggota parlemen Myanmar. Enam bulan setelah itu, Aung San dibunuh lawan politiknya. AFPFL mengajukan U Nu untuk menggantikan Aung San, dan U Nu kemudian terpilih menjadi Perdana Menteri pertama Myanmar.

Hmm... ada yang mau menambahkan?


Artikel Terkait Sejarah

1 komentar: