Kapan Revolusi Fidel Castro di Kuba?

Kapan Revolusi Fidel Castro di Kuba? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/berdikarionline.com
Fidel Castro memimpin revolusi di Kuba pada 2 Desember 1956, yang waktu itu dikuasai oleh rezim Fulgencio Batista yang korup dan otoriter. Tiga tahun sebelumnya, pada 1953, Castro juga pernah melakukan perlawanan, tetapi kalah dan dijebloskan ke penjara.

Dua tahun setelah dibebaskan dari penjara, Castro dibuang ke Amerika, dan pada 2 Desember 1956 Castro beserta pasukannya mendarat di Kuba. Sekali lagi mereka melakukan perlawanan, dan sekali lagi mereka kalah, hingga melarikan diri ke Sierra Maestra.

Setahun kemudian, pada tahun 1957, Castro kembali melancarkan serangannya, dan kali ini ia berhasil. Fulgencio Batista kabur ke luar negeri pada 1 Januari 1959, dan Castro pun mengambil alih kekuasaan di Kuba. Aksi politik yang kemudian dilakukan Castro pertama kali adalah menasionalisasi industri-industri di Kuba, yang sebelumnya dikuasai Amerika.

Atas perlawanan Castro dan upaya nasionalisasi itulah yang menjadikan Kuba dijatuhi embargo dan blokade ekonomi oleh Amerika.

Pada tahun 1976, Castro terpilih menjadi presiden, dan setelah itu ia mengangkat dirinya sendiri sebagai presiden seumur hidup. Ia menjalankan pemerintahan Kuba dengan sistem komunis.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 7403641192674108331

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item