Siapakah Muhammad Ali?

Siapakah Muhammad Ali? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/washingtonpost.com
Muhammad Ali dilahirkan dengan nama Cassius Marcellus Clay, Jr. Ia juara tinju kelas berat dunia yang mengawali debutnya di dunia tinju profesional pada 29 Oktober 1960, dan menang angka 6 ronde atas Tunney Hunsaker.

Empat tahun kemudian, 25 Februari 1964, ia merebut gelar juara dunia kelas berat dengan menang TKO ronde 7 dari 15 ronde yang direncanakan atas Sonny Liston, di Florida, AS. Liston mengalami cedera pada leher yang membuatnya mengundurkan diri dari pertandingan. Tidak lama setelah memenangkan kejuaraan itu, dia masuk Islam dan mengganti namanya menjadi Muhammad Ali.

Muhammad Ali lahir di Louisville, Kentucky, Amerika Serikat, 17 Januari 1942. Ketertarikannya pada dunia tinju berawal tanpa sengaja. Ketika berusia 12 tahun, Clay melaporkan sepeda BMX barunya yang hilang kepada seorang polisi bernama Joe Martin.

Joe Martin, yang juga seorang pelatih tinju di Louisville, kemudian mengajari Clay kecil cara bertinju agar dapat menghajar si pencuri sepeda. Clay sangat antusias berlatih tinju di bawah bimbingan Martin.

Hasilnya, pada tahun 1960, Clay meraih medali emas kelas berat ringan Olimpiade di Roma, Italia, dan empat tahun kemudian merebut gelar dunia kelas berat. Pada tahun 1999, Muhammad Ali dianugerahi “Sportsman of the Century” oleh majalah Sports Illustrated. Sepanjang karirnya, dia tiga kali menjadi Juara Dunia Tinju Kelas Berat.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 3952734886578130166

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item