Kapan Singapura Memisahkan diri dari Malaysia?


Singapura memisahkan diri dari Malaysia pada 9 Agustus 1965.

Pada tahun 1819, penguasa Johor, Malaysia, menyerahkan Singapura kepada perusahaan Hindia Timur milik Inggris. Sejak itu, Singapura pun resmi menjadi wilayah jajahan Inggris.

Ketika Perang Dunia II pecah, Singapura diduduki oleh Jepang. Ketika akhirnya Jepang menyerah setelah negerinya dibom Sekutu, Jepang pun keluar dari Singapura, dan negeri itu kembali menjadi wilayah pendudukan Inggris. Kemudian, pada waktu Federasi Malaysia dibentuk pada tahun 1963, Singapura dijadikan bagian dari federasi tersebut. Dua tahun setelah itu Singapura memisahkan diri dan mencapai kemerdekaannya.

Singapura adalah negara pulau di ujung selatan Semenanjung Malaya, 137 kilometer di utara khatulistiwa di Asia Tenggara. Negara ini berdekatan dengan Malaysia dan Indonesia. Sekarang, Singapura adalah pusat keuangan terdepan keempat di dunia, dan sebuah kota kosmopolitan yang memainkan peran penting dalam perdagangan serta keuangan internasional. Pelabuhan Singapura adalah satu dari lima pelabuhan tersibuk di dunia.

Hmm... ada yang mau menambahkan?


Artikel Terkait Sejarah

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar