Siapakah David Ben-Gurion?


Terlahir dengan nama David GrĂ¼en pada 16 Oktober 1886, David Ben-Gurion adalah arsitek terbentuknya negara Israel, dan Perdana Menteri Israel pertama. Ketika negara Israel secara resmi dinyatakan berdiri pada 1948, David Ben-Gurion menjadi orang pertama yang menandatangani Deklarasi Kemerdekaan Israel.

Ben-Gurion memimpin pemerintahan sementara Israel selama Perang Arab-Israel 1948, dan menyatukan berbagai milisi Yahudi ke dalam Angkatan Pertahanan Israel (IDF). Setelah perang, Ben-Gurion menjabat sebagai Perdana Menteri Israel. Sebagai Perdana Menteri, ia membantu membangun lembaga-lembaga negara, memimpin berbagai proyek nasional, juga mengawasi penyerapan sejumlah besar orang Yahudi dari seluruh dunia.

Pada tahun 1953, ia menjabat sebagai Menteri Pertahanan. Di bawah kepemimpinannya, Israel menanggapi serangan gerilya Arab secara agresif, dan pada 1956 menyerbu Mesir bersama dengan pasukan Inggris dan Prancis setelah Mesir menasionalisasi Terusan Suez. Ia mengundurkan diri dari jabatannya pada tahun 1963, dan pensiun dari kehidupan politik pada tahun 1970. Setelah itu ia pindah ke Sde Boker, sebuah wilayah di gurun Negev, dan tinggal di sana sampai kematiannya.

Ben-Gurion meninggal pada 1 Desember 1973, dan dimakamkan di gurun Negev. Majalah TIME memasukkan namanya sebagai salah satu dari 100 Orang Paling Berpengaruh di abad ke-20.

Hmm... ada yang mau menambahkan?


Artikel Terkait Tokoh

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar