Siapakah Zulfikar Ali Bhutto?


Zulfikar Ali Bhutto lahir di Larkana, India, pada 5 Januari 1928. Ia adalah politikus Pakistan yang pernah menjabat sebagai Presiden Pakistan pada periode 1971-1973, dan sebagai Perdana Menteri Pakistan, pada 1973-1977.

Ia menyelesaikan pendidikan awalnya di Cathedral and John Connon School, di Mumbai, lalu pergi ke Amerika Serikat pada 1947 untuk belajar di Universitas Southern California, dan belakangan pindah ke Universitas California, Berkeley. Ia menjadi mahasiswa Asia pertama yang terpilih menjadi anggota Dewan Mahasiswa Berkeley, dan dari sana ia memperoleh gelar BA dalam ilmu politik pada 1950.

Pada tahun 1953, ia dipanggil untuk masuk ke perhimpunan ahli hukum di Lincoln’s Inn, yang juga pernah dimasuki oleh Allama Iqbal dan Muhammad Ali Jinnah. Pada tahun itu pula, istrinya melahirkan seorang anak perempuan yang mereka namai Benazir Bhutto, yang belakangan juga menjadi perdana menteri.

Ali Buttho menjadi anggota delegasi Pakistan di PBB pada 1957, pada usia 29 tahun, dan merupakan anggota termuda dalam Kabinet Federal dalam sejarah Pakistan. Ia memegang jabatan-jabatan kunci sebagai Menteri Perdagangan, Menteri Informasi, Menteri Rekonstruksi Nasional, dan Menteri Bahan Bakar, Sumber Daya dan Sumber-sumber Alam, sebelum ia menjadi Menteri Luar Negeri.

Ia diangkat menjadi Presiden Pakistan pada periode 1971-1973, lalu sebagai Perdana Menteri Pakistan pada 1973-1977, sampai kemudian digulingkan dalam sebuah kudeta oleh Jenderal Muhammad Zia-ul-Haq, dan dihukum gantung pada 4 April 1979 oleh Mahkamah Agung di bawah undang-undang darurat atas tuduhan memberikan wewenang atas pembunuhan terhadap lawan politik.

Hmm... ada yang mau menambahkan?


Artikel Terkait Tokoh

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar