Siapakah Deng Xiaoping?

Siapakah Deng Xiaoping? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/caixinglobal.com
Dilahirkan pada 22 Agustus 1904, Deng Xiaoping adalah pemimpin revolusi dalam Partai Komunis Tiongkok yang menjadi pemimpin tertinggi Republik Rakyat Cina sejak kurun dasawarsa 70-an sampai awal dasawarsa 90-an. Ia adalah pemimpin generasi kedua setelah Mao Zedong.

Deng Xiaoping bergabung dengan Partai Komunis pada 1920, dan ikut berpartisipasi dalam Long March yang dipimpin Mao Zedong pada 1934. Di Cina, Deng dianggap sebagai sosok kontroversial. Pada 1960-an, dia menjadi salah satu orang yang mendukung investasi asing di Cina—sesuatu yang dianggap terlalu radikal oleh kelompok garis keras pada masa itu.

Meski begitu, karir politik Deng terus menanjak, hingga ia dipercaya para pimpinan Politbiro Partai Komunis untuk menjadi pemimpin Cina. Deng melanjutkan dominasinya terhadap peta perpolitikan Cina hingga tahun 1980-an, dan menerapkan berbagai reformasi ekonomi.

Selama masa pemerintahan Deng Xiaoping, Cina menjadi salah satu negara dengan laju perkembangan ekonomi tercepat di dunia. Ia melakukan modernisasi di bidang pertanian, industri, militer, dan iptek. Dia pensiun pada 1989 karena kontroversi seputar penumpasan demonstrasi di Lapangan Tianan-men.

Pada tahun 1990, Deng Xiaoping mengundurkan diri dari semua jabatan politiknya karena sakit. Hingga meninggal pada 19 Februari 1997 pada umur 92 tahun, ia dianggap sebagai pemimpin paling berpengaruh di Cina.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 7572785328563546822

Posting Komentar

  1. pemimpin kita harus ikut cara dia,hidup sederhana,berani korban untuk kaum miskin sekalipun nyawa taruhan.siapa ya diantara kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Melihat kemampuan Deng dalam memajukan Cina hingga melaju pesat, pemimpin kita memang perlu mencontoh dia.

      Hapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item