Kapan Timor Timur Lepas dari Indonesia?


Timor Timur Lepas dari Indonesia pada 30 Agustus 1999.

Pada tahun 1511, Portugis menjajah kepulauan Timor Timur dan kepulauan lainnya di Indonesia. Kemudian, pada pertengahan abad ke-19, Belanda menjajah Indonesia, kecuali Timor Timur, yang masih tetap dikuasai Portugis.

Pada tahun 1945, ketika Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya, Timor Timur masih terjajah hingga tahun 1976. Akhirnya, pada tahun itu pula, tentara Indonesia masuk ke Timor Timur, dan menduduki kawasan tersebut serta memasukkannya ke dalam wilayah Indonesia.

Setelah jatuhnya Soeharto pada tahun 1998, perjuangan rakyat Timor Timur untuk memerdekakan diri semakin menguat. Akhirnya, dengan sebuah referendum, dicapai hasil bahwa sebagian besar rakyat Timor Timur menginginkan merdeka. Hasil referendum itu sempat menciptakan ketegangan antara massa pro-integrasi dan massa pro-kemerdekaan.

Akhirnya, presiden BJ. Habibie mengizinkan Pasukan Perdamaian PBB bekerjasama dengan TNI untuk menjaga keamanan di Timor Timur, dan ketegangan di wilayah itu pun kemudian mereda. Pada tanggal 20 Mei 2002, Timor Timur menjadi negara Timor Leste.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Artikel Terkait Sejarah

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar