Bagaimana Terumbu Karang Hidup?


Untuk dapat bertumbuh dan berkembang biak secara baik, terumbu karang membutuhkan kondisi lingkungan hidup yang optimal, yaitu pada suhu hangat sekitar di atas 20 derajat Celcius. Terumbu karang juga memilih hidup pada lingkungan perairan yang jernih dan tidak berpolusi. Hal itu dapat berpengaruh pada penetrasi cahaya pada terumbu karang.

Beberapa terumbu karang membutuhkan cahaya matahari untuk melakukan kegiatan fotosintesis. Polip-polip penyusun terumbu karang yang terletak pada bagian atas terumbu karang dapat menangkap makanan yang terbawa arus laut, juga dapat melakukan fotosintesis. Karenanya, oksigen hasil fotosintesis yang terlarut dalam air dapat dimanfaatkan oleh spesies laut lainnya. Hewan karang sebagai pembangun utama terumbu adalah organisme laut yang efisien, karena mampu tumbuh subur dalam lingkungan dengan sedikit nutrien (oligotrofik).

Fotosintesis oleh alga yang bersimbiosis membuat karang pembentuk terumbu menghasilkan deposit cangkang yang terbuat dari kalsium karbonat, kira-kira 10 kali lebih cepat daripada karang yang tidak membentuk terumbu (ahermatifik) dan tidak bersimbiosis dengan zooxanthellae.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Artikel Terkait Nature

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar