Apa Perbedaaan Pernapasan Dada dan Pernapasan Perut?


Pernapasan dada adalah pernapasan yang melibatkan otot antar tulang rusuk. Sedangkan  pernapasan perut adalah pernapasan yang melibatkan otot diafragma. Pernapasan dada maupun pernapasan perut memiliki mekanisme yang sama—fase inspirasi dan fase eskpirasi—namun keduanya berjalan dengan cara berbeda. Berikut ini penjelasannya.

Pada pernapasan dada, fase inspirasi berupa kontraksi otot antar tulang rusuk yang menyebabkan rongga dada membesar, sehingga tekanan dalam rongga dada menjadi lebih kecil daripada tekanan di luar. Hasilnya, udara luar yang kaya oksigen akan masuk. Sedangkan pada pernapasan perut, fase inspirasi berupa kontraksi otot diafragma yang menyebabkan rongga dada membesar, sehingga tekanan dalam rongga dada menjadi lebih kecil daripada tekanan di luar. Hasilnya, udara luar yang kaya oksigen akan masuk.

Pada pernapasan dada, fase ekspirasi merupakan fase relaksasi atau kembalinya otot antara tulang rusuk ke posisi semula, yang diikuti oleh turunnya tulang rusuk sehingga rongga dada mengecil. Hasilnya, tekanan dalam rongga dada menjadi lebih besar daripada tekanan luar, dan udara dalam rongga dada yang kaya karbondioksida akan keluar. Sedangkan pada pernapasan perut, fase ekspirasi merupakan fase relaksasi atau kembalinya otot diaframa ke posisi semula, yang diikuti turunnya tulang rusuk sehingga rongga dada mengecil. Hasilnya, tekanan dalam rongga dada menjadi lebih besar daripada tekanan luar, dan udara dalam rongga dada yang kaya karbondioksida pun keluar.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Artikel Terkait Biologi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar