Apa yang Disebut Kabut, dan Bagaimana Proses Terbentuknya?

Apa yang Disebut Kabut, dan Bagaimana Proses Terbentuknya? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/ge.com
Istilah yang diakui secara internasional menyatakan bahwa kabut adalah embun yang mengganggu penglihatan dalam jarak kurang dari 1 kilometer.

Kabut dapat terbentuk dari uap air yang berasal dari tanah lembap, tanaman-tanaman, sungai, danau, dan lautan. Uap air itu berkembang dan menjadi dingin ketika naik ke udara. Udara dapat menahan uap air, namun hanya dalam jumlah tertentu dan pada suhu tertentu.

Udara pada suhu 30 derajat Celcius, misalnya, dapat mengandung uap air sebanyak 30 gram per meter kubik, sehingga udara itu mengandung jumlah maksimum uap air yang bisa ditahannya. Volume yang sama pada suhu 20 derajat Celcius, udara hanya mampu menahan 17 gram uap air, karena sebanyak itu yang dapat ditahannya pada suhu tersebut.
 
Udara yang mengandung uap air sebanyak yang bisa dikandungnya disebut udara jenuh. Ketika suhu udara turun, dan jumlah uap air melewati jumlah maksimum yang dapat ditahan udara, maka sebagian uap air itu akan berubah menjadi embun. Kabut akan hilang ketika suhu udara meningkat, dan kemampuannya dalam menahan uap air bertambah.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sains 4310510261363520103

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item